Minggu, 06 Mei 2012

Peluang Usaha Boneka


PROSPEK USAHA

Sejalan dengan perkembangan jaman, gaya hidup dan kebutuhan aktualisasi, boneka adalah salah satu produk yang banyak diminati masyarakat mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang dewasa.  Boneka banyak digemari oleh anak-anak kecil, remaja putri bahkan ibu-ibu. Biasanya, boneka berbentuk hewan, manusia, buah-buahan, tokoh kartun, atau bentuk lain-lain. Anak-anak sangat suka memainkannya, apalagi jika boneka yang dimilikinya sangat lucu dan menggemaskan.
Beberapa keunggulan dari usaha boneka adalah mampu bertahan karena produk ini digemari oleh berbagai tingkatan kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, gadis, dan ibu-ibu. Usaha produk boneka  masih cukup terbuka dengan rentang volum penjualan dari puluhan juta rupiah sampai ratusan juta rupiah.
               
 Usaha boneka akan lebih menarik, jika dilengkapi  pula atau berdekatan dengan sarana bermain anak dan kebutuhan keluarga yang bersifat estetik, misalnya perhiasan diri, tas sekolah, kerajinan. Arena bermain disediakan untuk  melepas kepenatan setelah berbelanja dan menikmati  suasana nyaman bagi anak-anak dan keluarga.
Angka kebutuhan pasar dari berbagai kalangan konsumen terhadap boneka dikarenakan tingginya peminat dan pengemar boneka, bahkan semakin bertambah permintaannya sejalan dengan bertambahnya penduduk. Toko boneka relatif mudah dibuka, sehingga dalam usaha boneka  ini sangat berpeluang bagi UMKM untuk mendapatkan keuntunqan sangatlah besar. Salah satu hal penting dalam usaha boneka ini adalah menjalin hubungan dan jaringan bisnis yang kuat, sehingga pemasokan produk dengan berbagai variasi produk boneka lebih terjamin dan mendukung jaringan pasar yang lebih mapan.  Kekuatan jaringan pasar ini akan sangat membantu dalam kombinasi produk dan harga boneka, sehingga mendukung perluasan pangsa pasar  terhadap produk boneka yang dijual. Untuk rnembuka usaha ini, terdapat hal penting yang cukup serius perlu dipertimbangkan yaitu memiliki relasi yang balk dengan pemasok bahan/supplier atau produsen boneka lokal yang produknya berkualitas.

TIPS KEBERHASILAN USAHA
               
 Usaha boneka menjanjikan keuntungan yang cukup besar dengan resiko yang relatif kecil, tetapi terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan agar usaha ini dapat berhasil dan menguntungkan, yaitu sebagai berikut:

    Memilih  lokasi di tempat yang ramai dan dikunjungi oleh konsumen dari berbagai kalangan, anak-anak, remaja, ibu-ibu.
    Mencari pemasok boneka berkualitas yang baik dan dapat menyediakan secara kontinyu kebutuhan pasokan boneka.
Mengatur tata letak produk boneka dan dekorasi sedemikian rupa, sehingga menarik bagi pelanggan. Lakukan kombinasi penempatan boneka berdasarkan jenis dan harga.  Dekatkan boneka pada rak yang menarik yang mudah dilihat dan dijangkau, terutama untuk anak-anak dan ibu-ibu.
    Melakakukan upaya promosi agar pelanggan saat datang ke toko boneka dengan berbagai bentuk informasi dan media promosi.
    Selalu bersikap ramah kepada pengunjung dan memberikan informasi tentang produk boneka dan harganya. Buatlah konsumen nyaman di dalam toko, sehingga mereka melakukan pembelian boneka.


FAKTOR KRITIS PADA KEBERHASILAN USAHA

    Dalam menjalankan usaha toko boneka, terdapat beberapa hambatan yang mungkin ditemui.  Hambatan atau kendala ini menjadi tantangan usaha toko boneka diantaranya adalah:
        Pelanggan yang  bervariasi berkonsekuensi pula pada variasi cara pelayanannya, sehingga karyawan penunggu toko yang melayani pelanggan dari berbagai tingkatan kalangan harus mampu menyesuaikan diri dengan konsumen.  Karyawan harus memiliki sikap ramah dan menarik minat membeli produk boneka, atau paling tidak menarik banyak pembeli masuk ke toko, yang pada akhirnya membeli boneka yang disajikan.
        Jika pembeli yang datang ke toko sedikit, maka omzet penjualan pun akan sedikit pula. Menarik minat berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja, ibu-ibu agar mau tahu keberadaan toko, selanjutnya masuk ke toko dan membuat nyaman konsumen di dalam toko menjadi faktor kritis yang perlu diperhatikan oleh pemilik toko boneka maupun para karyawan dalam melayani konsumen hingga mereka mau membeli boneka.
Harga yang ditawarkan harus sesuai dengan produk kualitas boneka. Pembeli akan merasa enggan untuk masuk ke toko, apalagi membeli boneka, karena menganggap bahwa harga boneka yang dinilai terlalu mahal. Untuk itu, sangat penting memperkenalkan macam, jenis, corak dan asal produk boneka yang ditawarkan kepada konsumen dengan tingkat harga dan kualitasnya yang dipahami oleh pembeli.


TEKNIS MELAKUKAN USAHA

Guna menjalankan usaha boneka yang lebih efektif dan menguntungkan, pada pada dasarnya perlu memperhatikan kombinasi strategi pemasaran dan efektivitas pelayanan.  Strategi pemasaran boneka ini menyangkut tingkat harga, produk (berdasarkan jenis, corak, asal),  maka berikut ini diberikan beberapa strategi yang dapat diterapkan agar usaha boneka dapat lebih  lancar , menguntungkan, dan sukses.
Mencari barang murah agar Anda dapat menjuel boneka dengan harga yang tidak terlalu mahal sehingga pembell pun akan semakin banyak. Informasi harga senantiasa tersaji pada boneka atau harga mudah diketahui oleh pengunjung toko boneka.
    Memperbanyak barang boneka pajangan dengan berbagai variasi bentuk dan model boneka pada display toko. Dengan begitu, calon pembeli akan berminat untuk masuk dan melihat banyaknya pilihan barang boneka yang dijual, memilih boneka yang tersedia, dan akhirnya konsumen yang selanjutnya membeli boneka.
    Usaha boneka bersifat aktual dan kreatif, sehingga usaha ini sebaiknya harus selalu memperhatikan kecenderungan dunia boneka baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Hal ini sangat penting dilakukan agar produk boneka yang dijual di toko Anda tidak ketinggalan zaman dan semakin dikenal serta diminat terus oleh para pelanggan.

Boneka sebaiknya senantiasa terlihat bersih dan menarik bagi para pengunjung. Harga dari setiap jenis boneka dapat ditempelkan pada pembungkus boneka atau didisplay secara jelas bagi para pembeli.


ASPEK LEGALITAS

Izin usaha yang dipunyai oleh pemilik toko boneka berdasarkan tempat usaha adalah izin Mendirikan Bangunan (IMB), berdasarkan jenis usaha  adalah, Surat Izin Tempat Usaha (SITU) atau minimal Izin Gangguan (HO);Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).  Adapun izin yang berhubungan bentuk usahanya juga harus dipersiapkan saat akan mengajukan izin. Beberapa dokumen yang harus ada untuk usaha perorangan :

        KTP, jika ini merupakan usaha perorangan;
        Fotokopi bukti pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terakhir;
        Tanda Daftar Perusahaan (TDP);
        Surat Pengantar dari Kecamatan untuk mengurus  HO dan SITU ke Dinas Perizinan;
        Surat Pernyataan tidak keberatan dari tetangga terdekat.


ANALISA USAHA
Investasi awal:


Sewa tempat
Rp
12,000,000.00
Koleksi boneka
Rp
4,000,000.00
Peralatan toko:
Rp

Rak susun dan etalase kaca
Rp
 4,000,000.00
Papan reklame toko
Rp
                300,000.00
Jumlah peralatan toko
Rp
 4,300,000.00
Jumlah modal awal
Rp
          20,300,000.00



Perhitungan laba/rugi per bulan





Penjualan satu bulan:


4 boneka x Rp80.000,00 x 30 hari
Rp
            9,600,000.00
Harga pokok boneka satu bulan:


Harga beli boneka
Rp
        4,800,000.00
Laba kotor satu bulan
Rp
            4,800,000.00



Biaya umum dan lain-lain satu bulan:


Sewa toko : Rp 12.000.000,00 / 12 bulan
Rp
            1,000,000.00
Perlengkapan toko
Rp
                450,000.00
Gaji 1 karyawan
Rp
                900,000.00
Penyusutan
Rp
                  70,000.00
Biaya listrik dan umum lainnya
Rp
                100,000.00
Jumlah
Rp
        2,520,000.00
Laba bersih satu bulan
Rp
            2,280,000.00

sumber www.sentrakukm.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar